Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke iCloud Library

Banyak yang bertanya mengenai bagaimana Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke iCloud Library? Penasaran? Jika Anda belum mengetahuinya, maka simak pembahasan pada artikel ini.

Foto memang merupakan bukti dokumenter terkuat untuk mengingat momen-momen tertentu. Foto adalah suatu keharusan ketika ada acara atau liburan. Biasanya file foto adalah yang paling banyak memakan ruang penyimpanan di ponsel Anda karena sulit untuk mengkategorikan foto untuk dihapus.

Foto dari galeri ponsel juga bisa hilang dengan tidak sengaja menekan opsi hapus atau sengaja dihapus karena ruang penyimpanan tidak muat lagi.

Hal ini bisa diatasi dengan memindahkan foto dari iPhone ke iCloud library. Hampir semua ponsel atau HP dapat melakukan pencadangan foto ini, tetapi ini hanya aplikasi yang berbeda. Pada artikel ini, iHostia.com akan memberikan informasi tentang cara membuat cadangan foto atau back up foto dari iPhone ke iCloud Library.

Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke iCloud library

Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke iCloud Library
Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke iCloud Library

Secara Otomatis

Sebelum melakukan backup, pengguna harus mengaktifkan iCloud Photo Library. Ini adalah persyaratan paling penting untuk dapat secara otomatis membuat cadangan foto ke iCloud untuk pengguna iPhone.

Langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih menu Pengaturan > Nama Pengguna.
  • Setelah itu, pengguna dapat memilih menu iCloud dan masuk ke menu Photos.
  • Setelah memilih menu Photos, lalu pilih “Activate iCloud Photo Library”.

Metode aktivasi ini tersedia untuk iOS 7 dan yang lebih baru atau iOS 7 keatas. Jika pengguna menggunakan perangkat iOS lawas, dapat melalui menu Pengaturan atau Settings, kemudian pengguna dapat memilih menu iCloud dan masuk ke menu Photos.

Perhatikan bahwa mengaktifkan menu iCloud Photo Library juga akan langsung mengaktifkan Auto Backup (backup otomatis), sehingga foto di galery secara otomatis disimpan ke iCloud saat menu diaktifkan.

Pengguna juga dapat memilih untuk mencadangkan sehari sekali, seminggu sekali, atau sebulan sekali. Jika pengguna ingin melakukan backup sesuka hati dapat menonaktifkan menu iCloud Photo Library terlebih dahulu, sehingga jika ingin melakukan backup cukup mengaktifkannya saja.

Selain itu, dalam backup ini pengguna juga harus memiliki kapasitas penyimpanan ruang yang cukup karena pasti akan membutuhkan banyak kapasitas ruang penyimpanan. Jadi, pastikan untuk mengosongkan beberapa ruang terlebih dahulu.

Gunakan penyimpanan hemat-ruang untuk memindahkan foto ke iCloud Library

Selanjutnya adalah cara backup foto dengan penyimpanan hemat ruang dengan mengaktifkan menu Optimized Storage (Optimalkan penyimpanan).

Langkahnya sebagai berikut:

  • Masuk ke setting dan masukkan pengguna, jika terdaftar, maka pengguna sudah ada.
  • Pengguna kemudian dapat memilih menu iCloud.
  • Pengguna kemudian dapat memilih menu Photos, selanjutnya pengguna hanya perlu memilih menu Optimize (nama device) storage.

Perhatikan bahwa penyimpanan atau pencadangan ini tidak dibuat untuk tujuan duplikasi, sehingga pengguna dapat menyimpan salinan melalui repositori cadangan (backup library).

Selain itu, untuk amannya, sebaiknya pengguna juga menyalin melalui menu backup library, sehingga foto tetap dapat disimpan di menu iCloud.

Pengguna harus memiliki persyaratan seperti ruang penyimpanan yang cukup saat menyimpan foto ke iCloud.

Hal ini dikarenakan kapasitas penyimpanan foto backup yang besar, sehingga perlu tersedia ruang penyimpanan yang cukup.

Selain itu, pengguna harus memiliki koneksi internet yang lancar dan memadai karena penyimpanan ini harus dilakukan secara online dan membutuhkan banyak data internet.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan jaringan Wi-Fi untuk menghemat data internet pengguna. Begitulah cara foto dicadangkan melalui aplikasi iCloud.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari iHostia.com mengenai Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke iCloud Library secara mudah. Sekian artikel ini semoga bermanfaat!

Leave a Comment